Kamis, 16 April 2009

SISTEM JARINGAN KOMPUTER

SISTEM JARINGAN KOMPUTER
Sistem Operasi jaringan
Suatu Sistem operasi jaringan adalah suatu system operasi computer yang di desain terutama untuk mendukung printer sharing, common file system dan database sharing, application sharing dan kemampuan untuk me-manage suatu network name directory, sytem keamanan, dan pengawasan segala aspek jaringan.
Terdapat berbagai system operasi jaringan yang ada dipasaran diantaranya: Microsoft Windows 2000 Server,LINUX
Macam – Macam Sistem jaringan komputer

Macam berdasarkan fungsi

Peer to peer
Pada jaringan ini,semua computer berkedudukan sama dalam berbagai informasi dan berkomunikasi. Model jarinan ini banyak digunakan, seperti perumahan, kantor kecil, dan lainya dengan skala kecil.

Client – Server
Pada jaringan ini ,terdapat sebuah computer sebagai server dan beberapa computer sebagai client. Hal ini disebabkan computer server komunikasi data kepada computer client secara nonstop. Client adalah terminal komputer yang merupakan komputer di mana pengguna jaringan bekerja, sedangkan server adalah komputer yang berperan sebagai manajemen komunikasi data dalam jaringan.

Jaringan komputer client-server dibanguan dalam bentuk dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan individu atau perusahaan. Ada bebrapa macam desain jaringan komputer antara lain LAN dan WAN. Pada dasarnya, LAN dan WAN merupakan desain orsinil jaringan komputer. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, bentuk ini mengalami perkembangan. Berikut ini yang termasuk jaringan client-server, yaitu:
a.Local Area Network (LAN);
b.Wide Area Network (WAN).

Macam berdasarkan Topologi
Pada saat suatu komputer ingin berkomunikasi dengan komputer lain melalui LAN (Local Area Network), komputer tersebut membutuhkan media koneksi yang membentuk suatu topologi tertentu.
Dalam jaringan komputer topologi adalah bentuk pengaturan keterhubungan antar sistem komputer. terdapat bermacam-macam topologi seperti bus, star, ring, pohon, token ring.

Ada 5 topologi yang dikenal di jaringan komputer :
* Bus, dimana media koneksi yang digunakan adalah kabel CoAX (RG58). Bentuk jaringan Bus menyerupai jalan yg memiliki banyak pemberhentian (bus stop)
Star, dimana media koneksi yang digunakan adalah kabel UTP atau 10/100/1000Base- Terbentuk jaringan Star menyerupai bintang dgn pusatnya adalah suatu hub atau switch
* Ring, dimana media koneksi yang digunakan adalah kabel UTP cat 3 atau TokenRing
Bentuk jaringan Ring secara fisik menyerupai Star dgn pusatnya adalah suatu perangkat yg bekerja secara Ring (informasi diputar dlm lingkaran sampai ditemukan tujuannya)
* Topologi Pohon
* Topologi Token Ring
* Topologi Bus

Topologi ini adalah topologi yang awal di gunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kable harus di akhiri dengan satu terminator. Topologi ini sudah sangat jarang digunakan didalam membangun jaringan komputer biasa karena memiliki beberapa kekurangan diantaranya kemungkinan terjadi nya tabrakan aliran data, jika salah satu perangkat putus atau terjadi kerusakan pada satu bagian komputer maka jaringan langsung tidak akan berfungsi sebelum kerusakan tersebut di atasi.
Topologi ini awalnya menggunakan kable Coaxial sebagai media pengantar data dan informasi. Tapi pada saat ini topologi ini di dalam membangun jaringan komputer dengan menggunakan kabal serat optik ( fiber optic) akan tetapi digabungkan dengan topologi jaringan yang lain untuk memaksimalkan performanya.
Topologi Bus menyediakan 1 saluran untuk komunikasi semua perangkat sehinga setiap perangkat harus bergantian menggunakan seluran tersebut. Oleh karenanya hanya ada 2 perangkat yang saling berkomunikasi dalam suatu saat.
Untuk mengefisiensikan penggunaan jaringan, digunakan metode CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access / Collision Detected) yang dapat mengurangi terjadinya masa tenggang (saluran kosong) dengan mendeteksi tabrakan informasi.

Karakteristik jaringan dengan topologi Bus :
> biaya instalasi sangat murah
> kecepatan rata-rata transfer informasi untuk setiap perangkat sangat lambat karena > harus bergantian menggunakan saluran
> sulit untuk manajemen jaringan
> sulit untuk expand (menambah) jaringan

Kelebihan Topologi bus:
> Mudah dikembangkan
> Jarak LAN tidak terbatas
> Kehandalan jaringan tinggi
> kecepatan pengiriman tinggi
> jumlah terminal dapat ditambah atau dikurangi tanpa mengganggu operasi yang telah berjalan
> tidak perlu pengendali pusat

Kelemahan Topologi bus:
> Jika lalulintas data terlalu tinggi, dapat terjadi kemacetan.
> Fiperlukan repeater untuk menguatkan sinyal pada pemasangan jarak jauh
Operasional jaringan LAN bergantung pada setiap teminal

2. Topologi Bintang (stars)
Topologi bintang atau yang lebih sering disebut dengan topologi star. Pada topologi ini kita sudah menggunakan bantuan alat lain untuk mengkoneksikan jaringan komputer. Contoh alat yang di pakai disini adalah hub, switch, dll.

Kelebihan topologi stars :
Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan stasiun yang terpaut
Tingkat keamanan termasuk tinggi
Tahan terhadap lalulintas jaringan yang sibuk
Penambahan dan pengurangan stasiun dapat dilakukan dengan mudah
Tidak mengganggu bagian jaringan lain
Control terpusat
Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan kerusakan
Kemudahan pengelolaan jaringan

Kekurangan :
Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti
Boros kabel perlu penanganan khusus

3. Topologi Ring
Topologi cincin atay yang sering disebut dengan ring topologi adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. Dengan artian setiap komputer yang terhubung kedalam satu jaringan saling terkoneksi ke dua komputer lainnya sehingga membentuk satu jaringan yang sama dengan bentuk cincin. Adapun kelebihan dari topologi ini adalah kabel yang digunakan bisa lebih dihemat. Tetapi kekurangan dari topologi ini adalah pengembangan jaringan akan menjadi susah karena setiap komputer akan saling terhubung

4. Topologi Pohon
Topologi pohon atau di sebut juga topologi hirarki dan bisa juga disebut topologi bertingkat merupakan topologi yang bisa di gunakan pada jaringan di dalam ruangan kantor yang bertingkat.


Topologi Token Ring
Topologi ini hampir sama dengan topologi ring akan tetapi pembuatannya lebih di sempurnakan

Macam Berdasarkan luas area

Berdasarkan luas areanya, jaringan computer dapat diklasifikasikan menjadi:

Local Area Network (LAN)
Jaringan ini digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer lokal, seluruh komputer yang terhubung ke jaringan terhubung pada satu pusat yang disebut gateway.
LAN biasa ditemui pada jaringan-jaringan kecil dalam suatu ruangan atau lembaga tertentu.
Dalam pengembangannya, LAN berkembang menjadi sebuah Metropolitan Area Network (MAN), yang sudah melibatkan lebih dari satu gateway, dan biasanya telah memiliki sebuah server utama. MAN biasanya diterapkan pada Sistem Informasi perkotaan.

Wide Area Network (WAN)
Jaringan komputer skala luas (WAN) merupakan pengembangan dari MAN dan telah melibatkan lebih dari satu server utama, masing masing server utama saling terhubung dan setiap komputer yang terhubung ke jaringan akan dapat saling mengakses server tersebut. WAN biasanya mencakup sebuah area yang sangat luas, bahkan antarnegara.
Dalam perkembangannya, WAN akan berkembang menjadi sebuah jaringan global yang biasa dikenal sebagai Interconnected-Networking (Internet).
Untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan lokal lain maupun dengan jaringan berskala luas (WAN), diperlukan sebuah perangkat khusus untuk mengaturgateway-nya, yaitu Router.

2 komentar:

  1. kami mau tanya apa kelebihan serta kelemahan topologi ring pohon dan topologi tokenring?

    BalasHapus
  2. Topologi Jaringan Pohon (Tree)
    Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer .


    Topologi Jaringan Cincin (Ring)
    Untuk membentuk jaringan cincin, setiap sentral harus dihubungkan seri satu dengan yang lain dan hubungan ini akan membentuk loop tertutup. Dalam sistem ini setiap sentral harus dirancang agar dapat berinteraksi dengan sentral yang berdekatan maupun berjauhan. Dengan demikian kemampuan melakukan switching ke berbagai arah sentral.
    Keuntungan dari topologi jaringan ini antara lain : tingkat kerumitan jaringan rendah (sederhana), juga bila ada gangguan atau kerusakan pada suatu sentral maka aliran trafik dapat dilewatkan pada arah lain dalam sistem.Yang paling banyak digunakan dalam jaringan komputer adalah jaringan bertipe bus dan pohon (tree), hal ini karena alasan kerumitan, kemudahan instalasi dan pemeliharaan serta harga yang harus dibayar. Tapi hanya jaringan bertipe pohon (tree) saja yang diakui kehandalannya karena putusnya salah satu kabel pada client, tidak akan mempengaruhi hubungan client yang lain.

    kasih sarn ya biar saling melengkapi,

    BalasHapus